Video by : Tutor Dokumentasi MPLS 2019

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS adalah masa ketika para siswa-siswi baru yang masuk diperkenalkan seputar sekolahan barunya. Mungkin pada jaman dahulu lebih dikenal sebagai masa ospek. Tidak jauh berbeda dengan sekolahan lain SMA Katolik St,Louis 1 juga sama halnya mengadakan MPLS tapi tentunya dengan berbagai rangkaian acara yang sangat menarik dilengkapi degan dekorasi-dekorasi dan banyak hal lainnya. Tentunya hal ini memerlukan waktu yang lama dalam persiapannya dan disinilah ada yang namanya Tutor MPLS, kami lah yang mempersiapkan segala persiapan yang dibutuhkan agar MPLS dapat berjalan dengan baik dan seru tentunya. Kami para tutor MPLS diseleksi dari anggota-anggota departemen yang dilaksanakan saat Februari 2019 dan dilakukan LKTD serta pembagian jabatan. Mulai dari tutor konsumsi, kelas, perkap, acara, dekorasi, dokumentasi , ketertiban, kerohanian, pusat, dan kesehatan.

Persiapan kami lakukan setelah menjalani PAT mulai dari pembuatan susunan acara dari tutor acara ; pembuatan yel-yel dan panji oleh tutor kelas; pembuatan konsep dan dekorasi oleh tutor dekorasi ; pembuatan trailer,MV,dan tutorial salam MPLS oleh tutor Dokumentasi ; persiapan-pesiapan teknis lainnya oleh tutor perkap dan yang lainnya.Memang waktu persiapan ini sangat menyita waktu liburan kami disaat yang lain sedang liburan kami ke sekolah tiap hari. Namun itu semua terasa sangat menyenangkan dan menambah pengalaman baru. Hingga pada saat hari-pra MPLS kami semua bersiap dari pagi untuk menyambut pata siswa-siswi baru yang masuk dan mereka pun diberi pengantar dan lanagugn bertemu dengan tutor kelas mereka masing-masing. Tiap kelas ditutor oleh 2 orang kakak tutor. Ohya selama masa MPLS ini kelas mereka memiliki nama yang unik mulai dari Active, Brave, Clever, Dauntless,Faithful, Humble, Innovative, Knightly, Loyal, dan 3 kelas lagi.

Mereka dibriefing untuk membuat keplek sesuai kelas masing2 dan membawa barang-barang yang diinstruksikan. Disinilah mereka juga dilatih secara sikap dan kedisiplinan oleh tutor ketertiban. Mereka diwajibkan membawa barang-barang yang hanya disuruh dan menjaga perilakuan karena berlaku poin pelanggaran bagi mereka. Hari-H pun telah tiba mereka masuk sekolah dr jam 4 30 pagi. Tiap hari dijalani dengan penuh ceria ada tour keliling sekolah sesi-sesi pengenalan guru dan kakak-kakak tutor serta penyambutan dari para guru-guru petinggi. Hari kedua antusiasme anak-anak semakin meningkat mereka mulai mengikuti setiap arahan dan  meyanyi yel-yel dengan semangat. Terlebih dihari kedua ini mereka menjalani ecoschool dimana mereka diajak untuk mencintai lingkungan seputar sekolah dan tak hanya itu juga aa outbond yang tidak kalah seru. Disini kami ingin anak-anak dapat menangkap nilai-nilai dari pos outbond yang berhubungan dengan BERAJUD TALI serta mengasah  kekompakan kelas mereka yang masih cenderung agak pasif. Hari ke-3 berisi sesi-sesi pengenalan departemen dan pengenalan acara-acara oleh guru serta sesi TNI yang wajib diadakan. Hingga puncaknya hari terakhir yang begitu istimewa, diawali dengan sesi dan penampiln teaser dari hari pertama sampai ketiga. Kemudian dilanjutkan dengan persiapan dan penampilan persembahan kelas yang sudah selama beberapa hari mereka bahas bersama kelasnya masing-masing dan ditampilkan di bangsal.

Tambahan informasi setiap harinya ada sesi ketertiban guys. Jadi di sesi ini para tutor keteriban memarahi dan memamnggil maju semua anak-anak yang melakukan pelanggaran karena selama MPLS mereka dipantau langsung. Tentunya sesi ini sangat menegangkan buat mereka karena harus berdiri sikap sempurna selama 35 menit. Namun setelah sesi ketertiban hari itu disambut dengan persembahan tutor dari kami semua yang menampilkan berbagai drama dan aksi-aksi menarik buat mereka. Kami pun para tutor kelas memberi surat cinta kepada mereka semua anak-anak kelas masing-masing dan terjadilah suatu momen dramatis yang membuat kami semua para tutor kelas menangis. Setelah itu puncak acara terkahir adalah malam Inagurasi yang diikuti dengan penutupan acara secara simbolis dan diletuskan kembang api dan lagu salam MPLS diputar kembali. THE END 🙂

Comments (01)

  1. MPLS memang sebuah kegiatan yang wajib diselenggarakan setiap sekolah agar siswa bisa mengenal sekolah dengan lebih baik. Maka dari itu, persiapan yang matang dari kakak-kakak pembina dan guru memang harus matang dan bisa membuat siswa baru nyaman untuk belajar. So, pertahankan dan tingkatkan lagi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add to cart