Pada September 2018, World Health Organization (WHO) putuskan bahwa kecanduan bermain game online atau biasa disebut gaming disorder sebagai penyakit resmi yang dicantumkan di revisi ke-11 Klasifikasi Penyakit Internasional.

WHO memberikan pengertian apa yang dimaksud dengan “gaming disorder”. “Pola perilaku permainan (“game digital” atau “game video”) yang ditandai dengan gangguan kontrol atas game, meningkatkan prioritas yang diberikan pada game lebih dari kegiatan lain sejauh permainan diutamakan dari minat dan kegiatan sehari-hari lainnya, dan kelanjutan atau peningkatan permainan meskipun terjadi konsekuensi negatif.” tertulis pada website resmi WHO. WHO sendiri juga memberi tahukan hal ini dimata publik terutama di twitter dimana akun resmi WHO memberikan gambar dan tulisan memumkan hal ini.

sumber: https://twitter.com/who/status/1009340676834824192

Secara singkat WHO juga menjelaskan dampak serta mengapa gaming disorder ini dianggap resmi menjadi penyakit, tertulis “Keputusan tentang dimasukkannya gangguan permainan dalam ICD-11 didasarkan pada tinjauan bukti yang tersedia dan mencerminkan konsensus para ahli dari berbagai disiplin ilmu dan wilayah geografis yang terlibat dalam proses konsultasi teknis yang dilakukan oleh WHO dalam proses pengembangan ICD-11.”

Mereka juga melanjutkan dengan “Dimasukkannya gangguan gaming di ICD-11 mengikuti pengembangan program perawatan untuk orang-orang dengan kondisi kesehatan yang identik dengan karakteristik gangguan gaming di banyak bagian dunia, dan akan menghasilkan peningkatan perhatian para profesional kesehatan terhadap risiko pengembangan gangguan ini dan, dengan demikian, untuk tindakan pencegahan dan pengobatan yang relevan.”

Keputusan ini membawa banyak kontroversi terutama kalangan remaja yang setiap hari menjalani aktivitas “gaming”. Kontroversi menyatakan bahwa “gaming” tidak sepenuhnya buruk dan bahkan menjadi karier hidup seseorang. WHO merespon kontroversi ini dengan memberikan “tweet” tambahan menunjukan bahwa WHO tidak mencantumkan “gaming” sebagai penyakit melainkan “gaming addiction”, sama halnya dengan gambling dan gambling addiction.

Sumber-sumber:
https://twitter.com/who/status/1009340676834824192
https://www.who.int/features/qa/gaming-disorder/en/
https://www.youtube.com/watch?v=lJ71KAO0mtc

About the author
I'm not telling lol
Stop trying to get into this account.

Comments (01)

  1. Sangat Informatif, karena berita, saya mengetahui bahaya dari dunia game online dan saya perlu memberitahukan hal-hal ini kepada keluarga saya. Walaupun begitu, menurut saya, artikel ini dapat lebih baik jika di kategorikan untuk health dari pada hanya category biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add to cart