St Louis 1 adalah sekolah dengan dasar agama Katholik yang mendidik muridnya hidup beragama dengan nilai-nilai dasar Vinsensian. Nilai yang sering ditemui adalah kerendahan hati. Sekolah biasanya mengadakan acara dan kegiatan untuk menanamkan nilai-nilai ini pada muridnya. Pada kelas XII, siswa-siswi St Louis 1 mendapat kesempatan untuk menjalankan kegitan berupa tugas “Belajar dari Sang Guru”

Belajar dari Sang Guru adalah kegiatan dimana siswa dan siswa diajarkan untuk merendahkan diri dan bergaul dengan orang-orang yang tidak setingkat mereka. Orang-orang tersebut meliputi anak jalanan, tukang parkir, mantan pecandu narkoba, dan lain sebagainya. Siswa dan siswi diharapkan untuk membentuk relasi dengan orang-orang seperti ini, belajar dari kehidupan mereka yang berbeda dengan kehidupan sehari-hari siswa-siswa sekolahan. Kegiatan ini berjalan selama 3 bulan dan diselenggarakan oleh Bapak Tavip, guru agama kelas XII St Louis 1 Surabaya.

Kegiatan ini diawali dengan pencarian sang guru yang sesuai untuk masing-masing kelompok. Saya, Vincent, mendapat kesempatan untuk mencari anak jalanan sebagai sang guru kelompok saya.

Dari kegiatan ini siswa-siswi St Louis diharapkan untuk belajara satu dua hal terutama mengenai perjuangan dari sisi kehidupan sang guru. Siswa-siswi diharapkan untuk disadarkan akan keadaan aspek kehidupan yang mereka belum tahu, agar kedepannya mereka dapat mengambil nilai-nilai penting tersebut dan menjadi orang-orang yang baik.

About the author
I'm not telling lol
Stop trying to get into this account.

Comments (01)

  1. sangat menarik sekali. menjelaskan hal yang sangat baik dan perlu diterapkan lagi untuk kedepannya. penyampaiannya juga cukup informatif. Walaupun begitu, tidak seberapa spesifik apa yang dilakukan per kelompok. tapi selain itu, cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add to cart